Melalui
Peningkatan Keterampilan Belajar
Mengapa kita perlu berubah? Perubahan Ekonomi, Pekerjaan, dan Bisnis
•
Reason 1
- the
industrial economy based
on manufacturing has shifted to a
service economy driven by
information, knowledge and innovation.
•
Reason 2: New, Different Skill Demands Advanced economies, innovative
industries and firms, and high-growth jobs require more educated workers with the ability to respond flexibly to
complex problems,
communicate effectively, manage information, work in teams and produce new knowledge
•
Reason
3: Companies also have changed how they are organized and the way they do
business. Workers have more responsibility and contribute more to productivity
and innovation.
LULUSAN YANG BAGAIMANA YANG KITA HARAPKAN?
Kompetensi siswa:
•
Menampilkan keunggulan
lokal pada tingkat internasional;
•
Bersaing dalam berbagai
lomba nasional dan internasional.
•
B ersaing dalam meraih
kesempatan melanjutkan pendidikan pada
lembaga pendidikan nasional dan internasional.
•
Bersaing dalam pasar kerja
internasional;
•
Mampu berkomunikasi dalam
bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
•
Berperan aktif dalam menjaga kelangsungan hidup dan
perkembangan dunia dari perspektif ekonomi, sosio-kultural, dan lingkungan
hidup;
•
Mampu menggunakan dan
mengembangkan teknologi komunikasi dan informasi.
KOMPETENSI BELAJAR SEPERTI APA YANG SISWA PERLUKAN?
Keterampilan apa yang siswa perlukan?
•
Keterampilan bertanya dan
menjawab
•
Keterampillan berhitung,
membaca dan menulis
•
Ketampilan berbahasa
•
Keterampilan berpikir
kritis
•
Keterampilan berpikir
ilmiah
•
Keterampilan memecahkan
masalah
•
Keterampilan mengelola
informasi dan data
•
Keterampilan menyajikan
informasi.
•
Keterampilan
mengintegrasikan logika dengan imajinasi dalam berkarya.
•
Keterampilan berkolaborasi
1.
KOMPETENSI BERBAHASA: mendengar, membaca,
dan meuli, serta berbicara.
2. MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERTANYA: 5 w 1 H:
a.
What(analisis
berita)
b. Who(analisis bacaan)
c.
When(mendeskripsikan
ide)
d. Where(mendeskripsikan
ide
e.
Why(ber
argumentasi)
f.
How(Memproduksi)
3.
KETERAMPILAN MENJAWAB
PERTANYAAN
4. KETERAMPILAN BERPIKIR:berfikir
kritis, berfikir ilmiah, memecahkan masalah, mengintegrasikan logika dan
imajinasi)
5. Berpikir Ilmiah:
mengamati/observasi fenomena alam,merumuskan hepotesis/bertanya,berasosiasi,
berjejaring)
6.
PENTAHAPAN PEMECAHAN
MASALAH:mengajukan
pertanyaan/masalah, mencari jawaban/menghimpun informasi, mengamati peristiwa
nyata dan mencatatnya, mengkaji dan merumuskan hasil penemuan, menentukan
jawaban atan pertanyaan.masalah,
7. STRATEGI
BELAJAR KEUNGGULAN:INDIVBIDUAL, KOLABORATIF, KOMPETITIF
8. Pengembangan
kompetensi saat ini: Pekerjaan siswa kurang inovatif,
Mengutamakan
penguasaan informasi,
Lebih banyak menjawab pertanyaan, Kurang
terlatih dalam mengelola dan menyajikan informasi, Banyak mengerjakan
tugas dan PR
9.
Model Pertanyaan Pemandu
Kegiatan:
Introducation
•
What is the name of teh national eco school
programme?
•
Why
was it developed?
•
When
was a developed?
Implementation Mechanism
•
How
the programme is structured and organised?
•
What ar the guidlines and creteria used?
•
Who
are involved in the implementation?
Best Practices
•
What
promotion/incentive programme have been or are being carried out?
Problem and
Challenges
•
What
problems and challenges ar faced in implementing the programme?
View on Cooperation
•
What
do you think you can gain from cooperation?
10. Bisakah
Siswa Menyusun Model Pertanyaan Seperti:
•
Apa topik yang kami pilih?
•
Karya apa yang akan kami
hasilkan?
•
Mengapa kami memilih karya ini?
•
Kapan keputusan memilih
topik harus kami tetapkan?
•
Siapa yang akan terlibat
dalam pekerjaan?
•
Bagaimana kami menyusun rencana
kegiatan?
•
Apakah ada strategi
tertentu yang akan kami laksanakan?
•
Apakah kami memerlukan
informasi tertentu untuk kegiatan ini?
•
Masalah dan tantangan apa
yang kami akan hadapi?
•
Keunggulan apa yang ada pada
karya ini?
0 comments:
Post a Comment