Tuesday, October 15, 2013

Mengembangkan Potensi Diri Siswa


Melalui Peningkatan Keterampilan Belajar
Mengapa kita perlu berubah? Perubahan Ekonomi, Pekerjaan, dan Bisnis
      Reason 1 -  the industrial economy based on manufacturing has shifted to a service economy driven by information, knowledge and innovation.
      Reason 2: New, Different Skill Demands Advanced economies, innovative industries and firms, and high-growth jobs require more educated workers with the ability to respond flexibly to complex problems, communicate effectively, manage information, work in teams and produce new knowledge
      Reason 3: Companies also have changed how they are organized and the way they do business. Workers have more responsibility and contribute more to productivity and innovation.

LULUSAN YANG BAGAIMANA YANG KITA HARAPKAN?
Kompetensi siswa:
      Menampilkan keunggulan lokal  pada tingkat internasional;
      Bersaing dalam berbagai lomba nasional dan  internasional.
      B ersaing dalam meraih kesempatan melanjutkan pendidikan  pada lembaga pendidikan nasional dan internasional.
      Bersaing dalam pasar kerja internasional;
      Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
      Berperan aktif  dalam menjaga kelangsungan hidup dan perkembangan dunia dari perspektif ekonomi, sosio-kultural, dan lingkungan hidup;
      Mampu menggunakan dan mengembangkan teknologi komunikasi dan informasi.

KOMPETENSI BELAJAR SEPERTI APA YANG SISWA PERLUKAN?
Keterampilan apa yang siswa perlukan?
      Keterampilan bertanya dan menjawab
      Keterampillan berhitung, membaca dan menulis
      Ketampilan berbahasa
      Keterampilan berpikir kritis
      Keterampilan berpikir ilmiah
      Keterampilan memecahkan masalah
      Keterampilan mengelola informasi dan data
      Keterampilan menyajikan informasi.
      Keterampilan mengintegrasikan logika dengan imajinasi dalam berkarya.
      Keterampilan berkolaborasi


1.   KOMPETENSI BERBAHASA: mendengar, membaca, dan meuli, serta berbicara.
2.  MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERTANYA: 5 w 1 H:
a.   What(analisis berita)
b.  Who(analisis bacaan)
c.   When(mendeskripsikan ide)
d.  Where(mendeskripsikan ide
e.   Why(ber argumentasi)
f.    How(Memproduksi)
3.   KETERAMPILAN MENJAWAB PERTANYAAN
4.  KETERAMPILAN BERPIKIR:berfikir kritis, berfikir ilmiah, memecahkan masalah, mengintegrasikan logika dan imajinasi)
5.  Berpikir Ilmiah: mengamati/observasi fenomena alam,merumuskan hepotesis/bertanya,berasosiasi, berjejaring)
6.   PENTAHAPAN PEMECAHAN MASALAH:mengajukan pertanyaan/masalah, mencari jawaban/menghimpun informasi, mengamati peristiwa nyata dan mencatatnya, mengkaji dan merumuskan hasil penemuan, menentukan jawaban atan pertanyaan.masalah,
7.  STRATEGI  BELAJAR KEUNGGULAN:INDIVBIDUAL, KOLABORATIF, KOMPETITIF
8.  Pengembangan kompetensi saat ini: Pekerjaan siswa kurang inovatif,
     Mengutamakan penguasaan informasi, Lebih banyak menjawab pertanyaan, Kurang terlatih dalam mengelola dan menyajikan informasi, Banyak mengerjakan tugas dan PR

9.     Model Pertanyaan Pemandu Kegiatan:
Introducation
      What  is the name of teh national eco school programme?
      Why  was it developed?
      When was a developed?
Implementation Mechanism
      How the programme is structured and organised?
      What ar the guidlines and creteria used?
      Who are involved in the implementation?
Best Practices
      What promotion/incentive programme have been or are being carried out?
Problem and Challenges
      What problems and challenges ar faced in implementing the programme?
View on Cooperation
      What do you think you can gain from cooperation?


10.   Bisakah Siswa Menyusun Model Pertanyaan Seperti:
      Apa topik yang kami pilih?
      Karya apa yang akan kami hasilkan?
      Mengapa kami memilih karya ini?
      Kapan keputusan memilih topik  harus kami tetapkan?
      Siapa yang  akan terlibat dalam pekerjaan?
      Bagaimana kami menyusun rencana kegiatan?
      Apakah ada strategi tertentu  yang akan kami laksanakan?
      Apakah kami memerlukan informasi tertentu untuk kegiatan ini?
      Masalah  dan tantangan apa yang kami akan hadapi?
      Keunggulan apa yang ada pada karya ini?




0 comments:

Post a Comment