Merancang Hasil
Belajar Siswa Berbasis TIK
Pendukung
kinerja belajar yang efektif dan kreatif, keunggulan mutu pembelajaran dapat
pendidik kembangkan melalui pendayagunaan pembelajaran berbasis teknologi
informasi dan komunikasi. Di bawah ini terdapat beberapa model proses belajar,
sumber belajar dan produk belajar yang dapat pendidik kembangkan dalam RPP.
Untuk memudahkan implementasnya, contoh kita terapkan dalam pendidikan agama
Islam dengan merujuk pada pengembangan kemampuan berpikir model Taksonomi
Bloom.
Mengingat
(Remembering)
No
|
Kegiatan
Pembelajaran Berbasis TIK
|
Sumber
Belajar
|
Produk
|
1
|
Menamai
file
|
Pedoman
aplikasi Word, Excell, power point
|
Memberikan
kode pada penamaan file
|
2
|
Meringkas
materi kedalam bentuk bullet pointing
|
PraktePower
point, word,
|
Membuat
bullet, pointing, colouring mengenai informasi penting
|
3
|
Mengidentifikasi
web dan nara sumber yang mendukung materi tafsir
|
Mozilla
firefox, internet explorer
|
Membookmarking/
favouriting
web atau nara sumber terkait
|
4
|
Menceritakan
kembali topik diskusi yang ada di situs jejaring sosial situs masjid
|
Facebook,
twitter
|
Mendaftar
sebagai anggota di situs jejaring sosial, situs dagang
|
5
|
Menjelaskan
ulang informasi penggunaan internet sebagai sumber belajar keislaman
|
Search
engine : Google, yahoo, msn
|
Melakukan
pencarian data melalui search engine (googling)
|
Memahami
(Understanding)
No
|
Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK
|
Software/fasilitas pendukung
|
Produk
|
1
|
Mengutarakan
pendapat tentang masjid online
|
kompas.com;
detik.com;
|
Memberikan
komentar mengenai tulisan di masjid online.
|
2
|
Mengidentifikasi
perjuangan umat di dalam komunitas internasional
|
Time
Line
(Perkembangan Sejarah dalam garis waktu)
|
Mengklasifikasikan
file, website dan bahan ke dalam folder
|
3
|
Mendiskusikan
topik pelajaran sejarah perkembangan Islam
|
Forum
di internet(forum my masjid)
|
Menyampaikan
opini dalam forum internet
|
4
|
Menjelaskan
ulang materi pelajaran ke dalam blog
|
wordpress.com,
blogspot.com, multiply.com
|
Laporan
berupa catatan dan tugas harian dalam blog
|
5
|
Menerjemahkan
materi pelajaran berbahasa asing dari internet
|
Internet,
google translate, translation2.paralink.com
|
Materi
pelajaran dalam dua bahasa
|
Mengaplikasikan
(Application)
No
|
Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK
|
Software/fasilitas pendukung
|
Produk
|
1
|
Menguji
pemahaman materi Al-Qur’an dan Hadits, Aqidah, Akhlak, Fiqih, Tarikh dan
Kebudayaan Islam pelajaran melalui e-learning
|
Ringkasan
hasil eksplorasi melalui internet yang disajikan secara tertulis dalam
forum.
|
|
2
|
Mengilustrasikan
proses biologi perkembangan manusia dalam bentuk flow chart
|
Microsoft
office vissio, Power point, word
|
Mengaplikasikan
beberapa program pada power point.
|
3
|
Mengaplikasikan
program excel untuk menghitung zakat
|
Excel
|
Memodifikasi
aplikasi program
|
4
|
Menguji
kemampuan daya nalar dalam membandingkan kekuatan pendapat
|
http://www.factbook.net/muslim_pop.php
|
Memainkan
sebuah berbasis pendidikan
|
5
|
Menyusun
fakta-fakta sejarah menjadi sebuah kliping / catatan sejarah Islam
|
org/wiki/Sejarah_Islam
|
Mengdownload
materi dari sebuah web
|
Menganalisis
(Analysing)
No
|
Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK
|
Software/fasilitas pendukung
|
Produk
|
1
|
Mengintegrasikan
data, tabel, grafik dan flow chart ke dalam sebuah artikel
|
Word,
excel, visio, blog/web
|
Mengintergrasikan
beberapa sumber data ke dalam satu web/blog
|
2
|
Menghubungkan
topik mata pelajaran yang dipelajari dengan informasi terupdate
|
Google,
yahoo dan search engine lainnya
|
Menetapkan
link web yang berhubungan dengan materi
|
3
|
Menguraikan
biografi tentang tokoh sains terkemuka
|
Google,
yahoo, wikipedia
|
Ringkasan
Biografi tokoh Islam
|
4
|
Mereview
dan menilai informasi hasil browsing
|
Google,
yahoo
|
Memvalidasi
ketelitian dan kebenaran data dari web
|
5
|
Mengorganisir
data yang dimiliki sesuai dengan mata pelajaran dan jenis file
|
Web,
blog, pdf, mp2, word, excel
|
Mengorganisir
data online
|
Mengevaluasi
(Evaluating)
No
|
Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK
|
Software/fasilitas pendukung
|
Produk
|
1
|
Merekomendasikan
web/sumber online sebagai bahan belajar
|
Google,
yahoo, web, blog
|
Daftar
dan link web yang direkomendasi untuk dipelajari
|
2
|
Mengkritisi
sebuah topik yang sedang dibahas
|
Forum
diskusi online
|
Mengomentari
topic tertentu pada forum diskusi
|
3
|
Menilai
kelayakan suatu karya untuk ditampilkan ke publik
|
Forum
online sekolah,
|
Memoderatori
sebuah forum diskusi
|
4
|
Memantau
kemajuan kolaborasi
|
Web/blog/forum
|
Membangun
kolaborasi dan jaringan di situs social dunia Islam
|
5
|
Meningkatkan
efektivitas penggunaan web sebagai media belajar
|
e-learning
|
Membuat
link dengan beberapa situs yang relevan
|
Menciptakan
(creating)
No
|
Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK
|
Software/fasilitas pendukung
|
Produk
|
1
|
Menciptakan
aplikasi program sederhana
|
Power
point, excel
|
Mengembangkan
kreasi dengan power point, Mengembangkan kreasi kreasi gambar dan foto
|
2
|
Menciptakan
aplikasi multimedia sederhana
|
Adobe
photoshop
|
Mengembangkan
animasi sederhana untuk mengemas gambar dalam karya siswa.
|
3
|
Medesain
tampilan blog/website pribadi
|
Webhosting
gratis
|
Website
/ blog gratis untuk kelompok kerja
|
4
|
Berkolaborasi
menghasilkan suatu karya untuk dipublikasikan secara online
|
Internet,
blog, website
|
Mengembangkan
kerja sama mengembangkan karya tulis bersama berbasis jaringan internet.
|
5
|
Membuat
rekaman kegiatan sekolah/ karya dalam bentuk audio (podcasting)
|
Software
atau pemutar mp3, perekam audio,
|
Hasil
rekeman kegiatan keagamaan untuk dipublikasikan secara online
|
6
|
Merancang
web/blog komersial
|
Web,
blog
|
Memiliki
toko usaha online untuk memenuhi keperluan pengembangan keagamaan
|
0 comments:
Post a Comment